AL-QUR’AN SEBENAR-BENARNYA PETUNJUK


Kemarin malam saya lihat acara chatting dengan YM!, YM! disini maksudnya Yusuf Mansyur ya, hehe J acara obrolan hikmah selama bulan ramadhan di ANTV dipandu oleh Deni Cagur dan Ustadz Yusuf Mansyur. Acaranya simple dan sederhana tapi banyak hikmah di dalamnya, kemarin malam itu kebetulan temanya seputar tentang uang & hukum. Namun yang menarik dari judul tersebut, saya terkesan dengan kisahnya beliau ketika menghadapi masalah dan kesulitan kehidupan karena beliau sempat masuk bui karena permasalahan hutang-piutang yang menjeratnya. 

Ada satu cerita dimana hal tersebut juga terjadi dengan diri saya ketika menghadapi sebuah persoalan, permasalahan, dan kesulitan dalam hidup. Tidak hanya ustadz Yusuf Mansyur, begitu juga saya salah satunya dan mungkin saudara muslim kita di seluruh dunia pernah memiliki pengalaman dan merasakan tatkala dilema bahwa satu-satunya petunjuk jalan keluar dari permasalahan dalam hidup kita adalah AL-QUR’AN. 

“Kitab (Al Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,” (QS. Al-Baqarah : 2)

Ketika menghadapai masalah,.. curhatlah sama Allah,.. ambil wudhu kemudian shalat,.. mintalah petunjukNYA melalui Al-Qur'an, sebelum membukanya, bacalah doa dahulu kemudian bukalah Al-qur'an seraya dengan keyakinan bahwa Allah akan memberi jawaban atas setiap masalah yang kita hadapi, bukalah Al-Qur'an dengan tawakkal dengan niat yang tulus bahwa Allah akan memberi jawaban ketika kita  akan membuka Al-Qur'an dengan to the point (tanpa merencanakan buka surat apa dan ayat berapa). Kemudian Bukalah Al-Qur'an, tunjuklah sebuah ayat dan baca artinya. Insya Allah itu jawaban dariNYA.

            Cerita dan Pengalaman yang sama bisa saja terjadi kepada siapapun, sudah tidak ragu lagi kawan hanya AL-QUR’AN sebenar-benarnya petunjuk dalam hidup kita, dan Allah selalu memperhatikan gerak-gerik hamba yang dikehendakiNYA yang sedang berada dalam kesulitan kepada jalan kemudahan.

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Al-Insyirah : 5-6)

Komentar

Postingan Populer